Langsung ke konten utama

Macam-macam Jendela Kaca Aluminium


Jendela aluminium kaca merupakan jenis jendela yang banyak digunakan untuk berbagai macam jenis bangunan, mulai rumah tinggal, perkantoran, dan lain-lain. Jendela ini menggunakan material aluminium sebagai kusen dan daun jendela serta kaca sebagai bidang jendelanya.

Ada Berapa Macam Jenis Jendela Aluminium Kaca?

Dari sisi proses membuatnya jendela aluminium kaca terbagi menjadi dua macam yaitu menggunakan material aluminium ekstrusi yang dirakit di lapangan dan yang dirakit di pabrik (finished good) dan tinggal dipasang saja di lapangan.
Sedangkan dari sisi jenisnya jendela aluminium secara umum terdiri tiga macam dari yaitu jendela aluminim kaca mati, jendela aluminium kaca jungkit (arah bukaan didorong ke luar), jendela aluminium kaca sliding (arah bukaan didorong ke samping). Intinya jendela kaca mati tidak bisa dibuka tutup sedangkan jendela jungkit dan sliding bisa dibuka tutup.
Kombinasi Jendela Aluminium Jungkit dan Jendela Kaca Mati
Kombinasi Jendela Aluminium Jungkit dan Jendela Kaca Mati

Apa Saja Jenis Material Yang Digunakan?

Material aluminium yang digunakan untuk kusen bisa ukuran 4” atau 3” dengan finishing anodised atau powder coating sesuai dengan desain yang ditentukan. Selain ukuran dan finishing jangan lupa ketebalan aluminium juga sangat berpengaruh terhadap harga.
Ketebalan profil aluminium yang sering digunakan berkisar dari 1,25 mm, 1,35 mm, dan 1,45 mm tetapi kembali lagi mana yang mau dipakai semua menyesuaikan dengan desain yang ditentukan oleh perencana.
Sedangkan material kaca umumnya menggunakan kaca clear biasa dengan ketebalan sekitar 5 mm atau 6 mm menyesuaikan dengan ukuran jendela. Jika jendela berukuran besar mungkin memerlukan kaca yang lebih tebal lagi.
Ada juga yang menggunakan kaca tempered untuk jendela aluminium untuk menjamin keamanan tetapi tentunya harganya lebih mahal.

Apa Kelebihan Jendela Aluminium Kaca?

Ada beberapa kelebihan jendela aluminium kaca antara lain : kuat tetapi ringan, tidak muai susut atau melengkung karena perubahan cuaca, tahan air, warnanya bertahan lama, bebas masalah rayap, mudah dan cepat pemasangannya



Bagaimana Perhitungan Harganya?

Untuk perhitungan harga pekerjaan jendela aluminium kaca tergantung dari jenisnya. Misalnya untuk jendela kaca mati tentunya kita cuma memperhitungkan harga kusen aluminium terpasang dan luas kaca terpasang yang digunakan.
Sedangkan untuk jendela jungkit dan sliding kita harus juga memperhitungkan harga pembuatan daun jendela dan hardwarenya. Untuk jendela jungkit menggunakan engsel jungkit (casement) dan handle sedangkan untuk jendela sliding hardwarenya menggunakan kunci jendela sliding.

Dengan semakin banyaknya pengguna jendela aluminium untuk rumah tinggal membuat semakin banyak pilihan model yang ditawarkan. Anda bisa memilih model klasik atau modern, semuanya tergantung selera anda serta kecocokan dengan model rumah tinggal anda. Diantara model-model jendela aluminium yang ada, ada beberapa model yang populer digunakan. Model apa sajakah itu? Berikut model-model tersebut.

Model Jendela Aluminium

Sliding Window


Jendela model ini dioperasikan dengan cara digeser secara horizontal dengan menggunakan rel pada bagian bawah dan atas kusen. Model jendela aluminium ini terdiri atas dua daun jendela atau bisa juga tiga dan empat daun jendela. Jendela sliding merupakan model yang praktis dengan tetap memberikan kesan elegan terhadap rumah. 
Pivoted Window
Model Jendela Aluminium Pivoted
Model jendela ini merupakan tipe dimana daun jendelanya dapat berputar 90 derajat baik secara horizontal atau vertikal. Poros atau sumbu putar model jendela aluminium ini biasanya tepat di setengah bukaan di tengah atau di sepertiga bukaan.
Jalousie Window

Model jendela Aluminium ini memiliki pelat-pelat panjang horizontal yang disusun secara rapat. Modelnya lebih mengutamakan aliran udara yang masuk ketimbang cahaya, jendela jenis ini cocok bagi anda yang menginginkan privasi.
Fixed Window

Jendela ini merupakan jenis jendela mati yang tidak memiliki ventilasi. Fungsi dari model jendela aluminium jenis ini lebih kepada pencahayaan ruangan dibandingkan dengan aliran udara.
Casement Window

Casement Window atau Jendela Casement terbagi pada dua model yaitu buka samping dan jungkit. Untuk model jungkit posisi engsel casement bisa di bawah atau di atas. Model jendela aluminium casement ini banyak diminati karena fleksibel, anda bisa membuka daun jendela selebar yang diinginkan dan jendela otomatis akan tertahan. 
Dari 5 model jendela aluminium diatas, model manakah yang akan anda pilih? semua kembali kepada selera dan kebutuhan anda. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan referensi bagi anda yang sedang mencari model jendela untuk rumah tinggal anda, jangan ragu untuk menghubungi kami jika anda ingin berkonsultasi mengenai model jendela yang ingin anda pasang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Profil Kusen Aluminium / Alumunium untuk Pintu Jendela

Artikel ini adalah tentang  profil kusen aluminium  atau  profil kusen alumunium  untuk pintu dan jendela. Belakangan ini aluminium memang banyak digunakan untuk rumah mulai dari kusen, pintu, jendela, etalase, sampai interior seperti kitchen set. Di sini saya akan membahas aluminium untuk kusen pintu dan jendela. Nama Profil Kusen Aluminium Pertama kita akan membahas macam macam nama profil kusen aluminium untuk pintu dan jendela. Sebelumnya mohon maaf apabila informasi nama yang ada di website ini mungkin bisa salah atau berbeda dengan di lokasi anda. Di karenakan artikel yang saya tulis di sini adalah berdasarkan pengalaman lapangan saja jadi istilah istilah di sini saya dapatkan berasal dari tukang aluminium. Nama profil aluminium sebenarnya adalah berupa kode-kode yang dinamakan oleh pabrik pembuat aluminiumnya. Misalnya seperti yang saya temui pada katalog aluminium alexindo, di situ tertuliskan nama kode 11301, 11302, 11303 dan seterusnya. Kode semacam ini tentuny

Daftar Harga Kunci, Handle Pintu DEKKSON di Malang

Brosur Kunci, Handle Pintu DEKKSON Pull Handle Pintu Kayu/Alumunium - Dekkson Handle Pintu Kaca - Dekkson Lever Handle / Pegangan Tangan Pintu - Dekkson Lever Handle / Pegangan Tangan Pintu - Dekkson Lever Handle / Pegangan Tangan Pintu dan Lockset - biasa dan silinder - Dekkson (Kunci) Mortise Lock, Cylinder, Door Closer - Dekkson Kunci DEKKSON  merupakan salah satu merek kunci pintu berkualitas baik yang banyak digunakan untuk proyek-proyek bangunan gedung dan perumahan. Produk Dekkson sangat beraneka ragam macamnya tetapi untuk item kunci pintu terbagi atas beberapa bagian besar antara lain Pull Handle, Lever Handle, Mortise Lock, dan Cylinder. Berikut ini Kami akan berbagi  Daftar Harga Kunci Pintu DEKKSON di Malang  berdasarkan pricelist per Juni 2017 khusus untuk produk Pull Handle, Lever Handle, Mortise Lock, dan Cylinder (Note: Masih banyak produk Dekkson yang lain seperti aksesoris jendela dan lain-lain). NO JENIS MATERI