Langsung ke konten utama

Partisi Kaca Moveable / Sliding Walls

Partisi Moveable (Moveable Partition) atau Sliding Walls atau sering disebut juga partisi lipat atau partisi geser adalah penyekat ruang / partisi yang digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan ruang dengan cara membagi ruangan yang besar menjadi beberapa ruangan lebih kecil secara tidak permanen dalam waktu yang singkat. Partisi ini berupa panel-panel berukuran dengan tebal 50 mm, 65 mm, atau 100 mm (tergantung dari tipe dan merek produknya) dan lebar 50 cm sampai 120 cm (tergantung dari lebar ruangan yang ada dan pembagian jumlah panel partisi) dengan tinggi sampai plafond ruangan. Jika akan menggunakan ruangan berukuran besar maka partisi moveable akan dilipat dan disimpan dalam box panel, sedangkan jika ingin membagi ruangan menjadi beberapa ruangan yang lebih kecil maka partisi moveable dapat digeser dan dipasang.
Partisi Moveable / Sliding Wall
Partisi Moveable / Sliding Wall Di Salah Satu Hotel
(Sumber : sandei.co.id)
Partisi moveable sering digunakan di ballroom hotel, banquet hall, ruang rapat (meeting room), convention center, ruang kelas (class room), restoran, dan lain-lain. Material panel partisi moveable biasa terdiri dari rangka kayu, glasswool sebagai insulasi, aluminium profile, dan pilihan panel MDF atau partikel board untuk sisi luarnya, sedangkan untuk finishing permukaan akan menyesuaikan dengan desain interior yang diinginkan misalnya seperti finish cat, wallpaper, vinyl, carpet, kain fabric, HPL (High Pressure Laminated), atau mungkin veneer kayu.

Kelebihan menggunakan partisi moveable antara lain adalah praktis, mudah dan cepat pemasangannya, optimalisasi ruang sesuai kebutuhan, material finishing dapat menyesuaikan dengan desain interior, dan material insulasi dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kedap suara yang diinginkan. Sedangkan kekurangannya mungkin pada harganya yang relatif mahal jika dibandingkan dengan partisi dinding permanen seperti pasangan dinding bata ringan atau pun partisi dinding semi permanent seperti partisi gypsum rangka metal stud.

Tipe Stacking Partisi Moveable
Tipe Stacking Partisi Moveable
(Sumber : Brosur Partisi Moveable Smart Sliding Wall)
Untuk harga partisi moveable sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain :
  1. Ketinggian plafond, karena tinggi partisi moveable full sampai plafond. Misalnya terbagi menjadi 2 bagian, untuk tinggi di bawah 4 meter atau di atas 4 meter atau sesuai ketentuan masing-masing supplier merek produknya.
  2. Sistem partisi yang digunakan apakah center stacking, ordinary stacking, paralel stacking, atau induction stacking.
  3. Perlu atau tidaknya struktur penggantung (misalnya tidak ada dak beton di atas plafond).
  4. Perlu atau tidaknya dibuatkan box penyimpan partisi.
  5. Lokasi pemasangan yang berhubungan dengan biaya mobilisasi dan demobilisasi tenaga kerja, material, dan alat.
Contoh Partisi Kaca Permanen


Sedapat mungkin pilihlah partisi moveable yang bermutu baik dan memiliki after sales service yang baik untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari seperti rel partisi yang macet dan roda yang rusak serta suara masih terdengar dari ruangan yang terbagi (kurang kedap suara).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Profil Kusen Aluminium / Alumunium untuk Pintu Jendela

Artikel ini adalah tentang  profil kusen aluminium  atau  profil kusen alumunium  untuk pintu dan jendela. Belakangan ini aluminium memang banyak digunakan untuk rumah mulai dari kusen, pintu, jendela, etalase, sampai interior seperti kitchen set. Di sini saya akan membahas aluminium untuk kusen pintu dan jendela. Nama Profil Kusen Aluminium Pertama kita akan membahas macam macam nama profil kusen aluminium untuk pintu dan jendela. Sebelumnya mohon maaf apabila informasi nama yang ada di website ini mungkin bisa salah atau berbeda dengan di lokasi anda. Di karenakan artikel yang saya tulis di sini adalah berdasarkan pengalaman lapangan saja jadi istilah istilah di sini saya dapatkan berasal dari tukang aluminium. Nama profil aluminium sebenarnya adalah berupa kode-kode yang dinamakan oleh pabrik pembuat aluminiumnya. Misalnya seperti yang saya temui pada katalog aluminium alexindo, di situ tertuliskan nama kode 11301, 11302, 11303 dan seterusnya. Kode semacam ini tentuny

Macam-macam Jendela Kaca Aluminium

Jendela aluminium kaca merupakan jenis jendela yang banyak digunakan untuk berbagai macam jenis bangunan, mulai rumah tinggal, perkantoran, dan lain-lain. Jendela ini menggunakan material aluminium sebagai kusen dan daun jendela serta kaca sebagai bidang jendelanya. Ada Berapa Macam Jenis Jendela Aluminium Kaca? Dari sisi proses membuatnya jendela aluminium kaca terbagi menjadi dua macam yaitu menggunakan material aluminium ekstrusi yang dirakit di lapangan dan yang dirakit di pabrik ( finished good ) dan tinggal dipasang saja di lapangan. Sedangkan dari sisi jenisnya jendela aluminium secara umum terdiri tiga macam dari yaitu jendela aluminim kaca mati, jendela aluminium kaca jungkit (arah bukaan didorong ke luar), jendela aluminium kaca sliding (arah bukaan didorong ke samping). Intinya jendela kaca mati tidak bisa dibuka tutup sedangkan jendela jungkit dan sliding bisa dibuka tutup. Kombinasi Jendela Aluminium Jungkit dan Jendela Kaca Mati Apa Saja Jenis Mat

Daftar Harga Kunci, Handle Pintu DEKKSON di Malang

Brosur Kunci, Handle Pintu DEKKSON Pull Handle Pintu Kayu/Alumunium - Dekkson Handle Pintu Kaca - Dekkson Lever Handle / Pegangan Tangan Pintu - Dekkson Lever Handle / Pegangan Tangan Pintu - Dekkson Lever Handle / Pegangan Tangan Pintu dan Lockset - biasa dan silinder - Dekkson (Kunci) Mortise Lock, Cylinder, Door Closer - Dekkson Kunci DEKKSON  merupakan salah satu merek kunci pintu berkualitas baik yang banyak digunakan untuk proyek-proyek bangunan gedung dan perumahan. Produk Dekkson sangat beraneka ragam macamnya tetapi untuk item kunci pintu terbagi atas beberapa bagian besar antara lain Pull Handle, Lever Handle, Mortise Lock, dan Cylinder. Berikut ini Kami akan berbagi  Daftar Harga Kunci Pintu DEKKSON di Malang  berdasarkan pricelist per Juni 2017 khusus untuk produk Pull Handle, Lever Handle, Mortise Lock, dan Cylinder (Note: Masih banyak produk Dekkson yang lain seperti aksesoris jendela dan lain-lain). NO JENIS MATERI